Sabtu, 24 Januari 2015

REVIEW DAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SATRIA FU 2013 FACELIFT

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam Sejahtera untuk kita semua
Semoga kita selalu dalam lindungannya dan selamat sampai tujuan.

Oke, selamat pagi semua :D pagi ini saya memulai untuk aktif blogging, maaf jika ada salah kata atau ada kata-kata yang menyinggung, dan mohon bimbingannya buat para blogger senior dan kondang :D
Pertama tama saya memang suka akan dunia otomotif ( sedikit aja hehe) dan akan saya tuangkan dalam blog ini, serta sedikit tentang pengalaman pengalaman yang saya alami (personal).
Disini saya akan bercerita sedikit tentang penulis, saya lahir di kota Cilacap Jawa Tengah 19 tahun yang lalu dan bertempat tinggal di Ciamis Jawa Barat, namun saat ini sedang menuntut ilmu di kampus Politeknik ternama di kota Bandung hehe.
Sekarang saya mau memperkenalkan tunggangan saya sehari-hari. Ini dia si Black Sweet nama panggilan buat efyu Si Suzuki Satria F150 hitam 2013, si bebek DOHC fenomenal yang terkenal bengis hehe.


Alasan saya memilih si FU ini karena ane pengin punya motor yang pas dengan postur tubuh dan punya performa yang gak kedodoran dan ingin punya performa motor DOHC Overbore yang mana tenaga lembut dan smooth dibawah namun tenaga lebih ngisi di putaran atas yang mana sensasinya ketika RPM 6000 keatas tenaga ngisi terus sampe kepentok limiternya. Selain itu ane juga suka dengan suara kenalpotnya yang bisa berubah 3 macam suaranya. yang pertama ketika langsam suaranya agak ngebas gitu, namun ketika sekitar RPM 4000-5000an suaranya menjadi gemerincing khas FU dan ketika di bejek di RPM 6000 ke atas suara raungan DOHC nya terdengar seperti nguuuuuuk ( seperti itulah haha) . Itulah Makanya ane pilih si kecil bengis ini :D  Selama pake si Black Sweet ini akan TS ulas kelebihan dan kekurangan si FU menurut pandangan subjektif ane selaku pemakai.
FYI ini motor selalu diisi pertamax dan oli motul ester 5100 namun mulai saat ini ane ganti pake oli merek kerang Shell ax7 karena si Motul harganya makin mahal dan bikin dompet terkuras hehe. Di Ciamis saja di Shop n Drive harganya sudah mencapai 140.000 dibandingkan dengan Shell ax7 yang Cuma sekitar 50 ribuan. Jadi 1 motul hampir dapet 3 Shell, ya namun performa memang agak di bawah motul hehe, karena ada harga ada rasa.


Ane akan review kelebihan dan kekurangan Satria FU 2013 Facelift

11. Desain body
Menurut ane desain bodi Satria FU cukup ramping dan bentuknya oke lah walau dari awal tahun 2005 cmiiw gak banyak berubah cuma berada di ubahan batok sama buritannya sedikit. Namun yang ane tidak suka Satria FU sedikit melayang ketika di kecepatan tinggi. Dengan body ringan sangat mudah untuk mengendalikan motor. Pas buat selap selip  dan enak diajak manuver

22.      Mesin dan Performa
Satria FU ini bermesin 150cc 4 tak DOHC 4 Valve Overbore dan didukung oleh 6 percepatan dan berpendingin udara. Dengan mesin seperti itu Satria Fu sanggup mengeluarkan tenaga 16 ps / 9500 RPM dan Torsi 12.8 NM /8500 RPM. dengan spek seperti ini sudah membuat  FU powerfull dan bisa membuat repot motor sport 150 cc yang lain hehe. Ane sudah pernah mencoba akselerasi dan Top Speed FU, menurut ane akselerasinya cepat naiknya dan top speed yang pernah ane coba dengan berat badan 50 kg adalah 125 km/jam dengan RPM masih 9500an dengan estimasi ane top speednya kalo sampai 11.000 RPM top speed 140 km/jam . Sebenarnya ini adalah mesin Downgrade dari Suzuki FXR yang bertenaga sampai 21 ps Cmiiw namun di Downgrade di Satria FU jadi tenaganya Cuma 16 ps aja bahaya kalo lebih dari itu karena PWR si FU sudah besar. Si FU di downgrade mungkin karena mengikuti bobot dari satria FU nya. karena berat si FU tergolong ringan yaitu Cuma 95 kg dan 107 kg untuk Satria FU Facelift
Kekuranganya menurut ane mesinnya sedikit berisik suaranya menurut ane wajar karena DOHC, klep nya saja lebih banyak ada 4 dan ada 2 noken as dan rantai ketengnya saja lebih panjang. Kata orang sih biasanya penyebab berisik nya yaitu si rantai ketengnya. namun bisa diminimalisir dengan oli yang bagus. Mesin FU juga gampang panas, dan kalo hujan lebat kadang gampang mogok, namun bisa diakali dengan mensolatip sekitar businya.

33.      Konsumsi BBM
Seperti yang kita Satria FU bebek bermesin 150 cc 4 tak DOHC 4 Valve 6 Speed Overbore mempunya performa yang baik dan powerfull namun untuk konsumsi BBM nya sedikit boros, ya sudah wajar lah kalo kenceng = lebih boros. Tapi kalo menurut ane sih masih wajar dengan sport 150 cc yang lain. Karena ane sudah tes konsumsi BBMnya Fu facelift ane dengan metode eco riding FU ane dengan BBM Pertamax dan masih standar ayu ting ting 1 liter pertamax sanggup menempuh jarak 40 km, sedangkan kalo riding ngebut dan menggunakan RPM tinggi 1 liter dapat 33-35 km. Menurut ane segitu sudah cukup irit. Karena punya temen ane saja vixion dan CB150R rata-rata 1 liter 38 km jadi gak begitu jauh, namun yang membuat FU keliatan boros adalah karena tangkinya yang kecil Cuma memuat 4 literan saja sehingga membuat ownernya harus sering bulak balik pom bensin hehe, dibandingkan dengan motor sport 150 cc yang tangkinya 12 literan. jadi kira2 kalo motor tangki baru isi 1 kali sedangkan FU sudah 3x isi bensin. Itu yang membuat keliatan borosnya.

44.     Posisi riding
Menurut ane posisi riding FU cukup nyaman menunduk pas dengan tinggi tubuh ane yang 170an dan tidak membuat ane pegal

55.     Ban, Jok, Rantai, Rem, Suspensi, Knalpot
Menurut ane Jok Fu itu rada rada keras dan kecil jadi kurang nyaman untuk perjalanan jauh bisa bikin bokong panas :D . Jok Fu juga bagian belakangnya tinggi alias nungging, Jadi ketika membonceng sering banget si boncenger turun kedepan apalagi kalo udah dipapas kwkwk udah kayak perosotan aja itu jok
Untuk Ban menurut ane ban bawaan FU kecil dan licin, ane dah berapa kali ngesot ban belakang dan hampir bikin ane celaka, makanya langsung ane ganti ban belakang dengan FDR Genzi ukuran 90/80 dan yang depan diganti dengan ban belakang orisinil FU satu satu gantinya :D .
Untuk Rantainya sendiri menurut ane gampang kendor jadi harus sering sering stel rantai
Suspensi monoshock rada keras dikit
Rem nya menurut ane sangat buruk karena sering bersuara ciit ciit ciit, tapi untuk pengereman lumayan bagus.
Speedometernya menurut ane kecil namun cukup jelas terlihat.

66.      Knalpot
Menurut ane knalpotnya sudah bagus dan suara khas FU werrrrr, makanya ane sendiri tidak menggantinya dengan knalpot racing, selain menimbulkan polusi suara, katanya bikin suara mesin jadi lebih berisik, makanya ane pake knalpot standar.


Itulah pandangan ane subjektif sebagai rider FU hehe. Sekian perkenalan dan review dari ane Wassalamualakum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar